Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasti Dibalas, Gak Ada Istilah Insyaallah

 

Pasti Dibalas, Gak Ada Istilah Insyaallah


majalahumdah.comSalah seorang ulama pernah menuturkan sebuah perkataan dengan tegas”bersedekahlah!karena sedekah itu pasti akan dibalas bahkan dilipat gandakan terhadap apa yang telah disedekahkan .pasti!pasti! gak ada istilah insya Allah!.”maka disaat kami mendengarkan perkataan ulama tersebut,kami terkejut.kemudian dia dengan pelan-pelan menjelaskan nya”lah,Allah kan sudah berulang kali berjanji akan membalas sedekah kita tampa syarat,sedangkan janji adalah hutang.maka Allah tidak mungkin berutang ataupun mengingkari nya.jadi pasti dia akan tepati terhadap apa yang telah dijanjikan,bukan kah dia itu maha penepati janji dan maha pembalas?”

Kami pun tersenyum di saat mendengarkan uraian dari ulama tersebut,kemudian si ulama tersebut kembali melanjutkan perkataan nya”Bisa dikatakan,hukum sedekah ini lebih pasti daripada hukum gravitasi.karena hukum gravitasi tak pernah dijanjikan dalam Alquran”logika nya begini,apabila manusia yang berjanji,maka sepatutnya dia mengucapkan”insya Allah” karena belum pasti mereka dapat menunaikan janji nya tersebut .nah,beda hal nya dengan Allah,apabila Allah berjanji,maka itu adalah hal yang pasti dan akan dituruti oleh Allah SWT.

 Maka inilah fakta nya,berapa pun yang anda sedekahkan pasti akan dibalas dan dilipat gandakan oleh Allah.tidak menjadi sebuah masalah apakah orang yang memberi itu Ikhlas ataupun tidak,Beriman atau tidak.buktinya banyak hartawan yang dermawan menjadi kaya raya dengan sebab menginfakkan hartanya padahal mereka adalah non muslim.

Balasan dari sedekah inilah hukum kuasilitas dari Allah,bukti dari kasih Allah dan janji yang tertulis darinya.Tentu saja,dengan ikhlas dan iman kita akan memperoleh nilai tambah berupa balasan jangka panjang yaitu Ridha,Pahala dan Surga darinya.

            Dalam Alquran Allah pernah berjanji:

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah(bersedekah)adalah bagaikan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai,pada tiap-tiap tangkai terdapat seratus biji.dan Allah melipat gandakan (balasan)bagi siapa yang dikehendakinya (Q.S 2:261)

Maka Ketahuilah,Dengan sebab bersedekah akan membuat kita kaya dan hidup dengan serba berkecukupan.Menjadi orang kaya adalah harapan semua manusia.Ketahuilah,kata lain dari sebuah harapan adalah impian.

Maka cara tebaik untuk menempuh sebuah impian adalah dengan cara meningkatkan Amal kebaikan.salah satu dari sekian banyak nya Amal kebaikan adalah dengan Bersedekah dan Sholat dhuha.

Dan salah satu ke ajaiban dari kita Berdekah ialah dapat Mengubah takdir dan nabi pun pernah bersabda dalam hadisnya:

“Silaturrahmi dapat menambah umur dan sedekah dapat mengubah Takdir”(HR.Bukhari,Muslim,Tarmizi dan Ahmad)

Percayalah,Sedekah perlu yang namanya latihan. Karena kalau kita tidak pernah berlatih dalam bersedekah maka sampai kapan pun Sedekah itu hanya lah sebuah Misteri baginya.

Maka sering-sering lah untuk bersedekah, buatlah Malaikat yang mencatat amal kebaikan bisa lelah dengan amalan kebaikan yang kita lakukan,dan jadikan lah malaikat yang bertugas untuk mencatat amal keburukan menganggur terhadap pekerjaan nya.

 Maka, kelak kekayaan seseorang bukan lagi di ukur dari jumlah omzet nya,bukan lagi dari jumlah asetnya, melainkan dari jumlah sedekahnya. Nah!ini baru namanya kaya yang sebenarnya.

Akhir dari kata-kata ada sebuah pantun sebagai petuah bijak dari penulis:
“Ingatlah,sejauh-jauh bangau terbang pasti akan menjadi lambang di botol kecap juga.sejauh-jauh orang yang berdagang dan mencari kekayaan akhirnya juga jadi Almarhum juga!”