Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

FAKTA UNIK PARFUM RASULULLAH

    

        Memakai minyak wangi adalah sunnah rasulullah saw. Dan minyak wangi  adalah salah satu kesenangan dunia yang beliau sukai, ketika para sahabat bertanya keapada Rasulullah “ wahai rasulullah, apa yang engkau sukai didunia ini ?”, beliau menjawab,” wanita,minyak wangi dan shalat”. Rasulullah sendiri yang mengajarkan ummatnya untuk memakai wewangian terutama saaat menunaikan shalat.

Berbicara tentang minyak wangi, wanita dikhususkan dalam hal ini, kenapa? Karna ketika seorang wanit a memakai parfum saat keluar rumah dan tercium oleh lelaki bukan mahramnya al hasil dosa saja yang didapatkannya. Rasulullah saw pernah bersabda. “seorang wanita yang memakai parfaum lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium  bau harum yang ia pakai maka perempuan itu sama dengan pelacur””. (HR.Turmuzi)

Nah..! jadi untuk kita para ladies agar terhindar dari fitnah-fitnah tersebut alangkah baiknya kita tidak memakainya diluar rumah,apakah kita mau mendapatkan dosa seorang pelacur hanya karna memakai parfum? Tentu saja tidak bukan, jika mamang ingin memakai parfum dirumah saja.
Tahukah anda parfum apa yang dipakai Rasulullah saw? Menurut sebuah hadis beliau memakai parfum yaang terbuat dari bahan misk dan anbar sebagaimana yang diriwayat oleh an nasai. Dari Muhammad bin Ali ra berkata : Aku pernah bertanya kepada Aisyah ,”apakah Rasulullah memakai parfum?” ia menjawab “ya, dengan parfum misk dan anbar”
Ada hal menarik dar salah satu minyak wang Rasulullah yang berbahan anbar, secara bahasa anbar adalah ikan paus , tahukah anda bahwa minyak wangi anbar adalah salah satu minyak wangi termahal didunia saat ini , parfum ini dikenal dengan nama amber atau ambergris yang diambil dari kata anbar.

National Geograpich pernah menurunkan laporan tentang ambergris, aroma wanginya yang khas itu berasal dari muntahan ikan paus jenis sprem whale(physeter macrochepaulus) paus tersebut mengeluarka zat yang menumpuk dalam ususnya, setelah beberapa lama zat itu menjadi padat seperti lilin dan berbentuk bongkahan abtu lunak yang dinamakan  ambergris muntahan ikan paus ini terdampar ditepi pantai dengan terpaan sinar matahari serta air laut  sehingga menguarkan aroma harum.

Bongkahan inilah yang pernah ditemukan seorang bocah 8 tahun asal inggris yang tidak sengaja menemukannya saat sedamh menikmati pagi ditepi pantai bersama ayahnya dipantai borset, inggris seperti yang diberitakan di BBBC News. Setelah diteliti ternyata bongkahan itu adalah ambergris seberat 600gr. Anda tahu berapa harganya? 40.000 pounderling atau hampir setara dengan 600 juta rupiah, wow banget kan?

Ada yang lebih dahsyat dan paling anyar, terjadi pada November silam, tiga orang nelayan asal Oman yang sedang mencari ikan dipantai quroyal mereka mendapatkan bongkahan batu yang tersangkut dijala mereka, setelah siteliti ternyata itu adalah bomgkahan ambegris seberat 80kg , ada yang berani membelinya 25 ribu US dollar perkilo setara dengan 330 juta rupia, denga total 80kg ambergris mereka meraup keuntungan sebanyak 33,7 milyar rupiah, dahsyat bukan..!

Para ilmuan menjuluki anbar tersebut dengan The flouting Gold alias emas terapung. Mengapa begitu mahal? Menurut berita BBC News,anabr menjadi incara industri parfum dunia. Material yang ada pada ambergris bisa memberi reaksi kimia dan zat yang terkandung didalamnya wangi khas yang bertahan lama ambergris digunakan untuk bahan pembuatan parfum khas dunia seperti charel dan lavian

        Beranjak dari anbar,pernah anda mendengar za’faran? Ya tentu saja pernah bukan..! apalagi kalangan santri, za’faran adalah kata yang tidak asing lagi ditelinga kita, karna za’faran kerap disebutkan didalam kitab fiqah. Za’faran atau safran atau kuma-kuma yang nama latinnya crocus sativus adalah sebuah bunga yang berwarna ungu dengan putik sari berwarna merah yang terletak diantara kelopak bunganya, za’faran hanya muncul pada musim gugur dan bisa diigunakan sebagai bumbu masak, pewarna,serta minyak wangi, za’faran banyak diperdapatkan ditimur tengah, dan sekarang sudah banyak dibudidayakan diberbagai negara
Za’faran atau kuma-kuma serig digunakan untuk bahan minyak wangi,putik sarinya adalah hal yang paling penting dari za’faran,setipap bunga za’faran memiliki 6 putik sari yang dipetik sebelum matahari terbit.

        Tahukah anda za’faran juiga termasuk bunga yang langka dan termasuk bahan parfum termahal didunia, 450gr putik za’faran dihargai dengan 500 US Dollar atau setara 68 juta rupiah, satu botol parfum za’faran dihargai 15 juta rupiah hingga 30 juta rupiah, fantastis bukan..! jika anbar dijuluki “The Floating Gold” za’faran dijuluki dengan  “Gold Of Disert” yan g artinya emas padang pasir  mengingat za’faran hanya berbunga pada musim gugur, wajar saja harganya melambung tinggi.

        Nah..! bagaimana apakah anda berminat? Jika berminat tebalka dompet anda. Teatpi untuk kita para santri tak perlu memakai anbar , chanel, lavian atau man giardoni maupun eclat seperti katalog oriflame swede, cukup minyak wangi murah meriah asal tidak menyiksa hidung orang saat memakainya, tampil sederhana, rapi, bersih dan menutup aurat dengan benar maka kita akan sedap dipandang mata, buatlah orang merasa nyaman berada disamping kita, lebih-lebih lagi untuk sesama wanita, parfum adlah kebutuhan yang tidak bisa lepas, tapi ingat hanya untuk sesama wanita , haram dihadapan laki-laki. Wallahu a’lam semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0 Komentar