Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syeikh Abu Al-Faydh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al Fadany Al Makky Musnid Ad-Dunya




Syeikh Abu Al-Faydh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al Fadany Al Makky Musnid Ad-Dunya

majalahumdah.com - Peta keilmuan negeri Makkah pada abad ke 19 – 20 M atau bahkan dua abad sebelumnya tidak hanya didominasi oleh ulama asli Arab atau ulama-ulama timur tengah. Ulama-ulama dari luar timur tengah seperti dari Asia Tenggara juga banyak bermunculan dan menjadi bintang keilmuan di Makkah. Banyak ulama dari Indonesia, Thailand Selatan –(sebagian nya juga merupakan keturunan Arab)- menjadi ulama terkemuka di Makkah, sebut saja Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantany, Syeiklh Mahfudh Termas, Syeikh Ahmad Khatib Sambas, Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau, Syeikh Mukhtar `Atharid, Syeikh Daud al-Fatany, Sayyid Muhsin al-Musawa dll.


Diantara nama-nama ulama Indonesia abad 20 yang namanya di tulis dengan tinta emas dalam daftar ulama terkemuka Makkah adalah Syeikh Muhammad Yasin al-Fadany. Beliau lahir di Makkah pada hari selasa 27 Sya`ban tahun 1335 H/17 Juni 1917 M. Menurut riwayat lain pada tahun 1337 H/1919 M. Sejak kecil beliau belajar kepada ayah beliau, Syeikh Muhammad Isa dan dilanjutkan kepada paman beliau, Syeikh Mahmud. Kepada keduanya, beliau belajar dan menghafal beberapa matan kitab dalam bidang ilmu fiqh, tauhid, faraidh dan mustalah hadis.

Tahun 1346 H/1928 M beliau melanjutkan pendidikan ke Madrasah Ash-Shaulatiyah Al Hindiyah, beliau menimba ilmu disini selama ± 7 tahun. Guru-guru beliau selama di Madrasah Ash-Shaulatiyah adalah Syeikh Mukhtar Usman Makhdum, Sayyid Hasan Al-Masysyath dan Sayyid Muhsin bin Ali Al-Musawa (seorang ulama Makkah yang lahir di Palembang tahun 1323 H/1905 M)

Pada tahun 1353 H/1935, beliau pindah ke Madrasah Darul Ulum Ad-Diniyah yang didirikan oleh Sayyid Muhsin bin Ali Al-Musawa bersama beberapa pemuka masyarakat Nusantara yang berada di Makkah kala itu. Beliau adalah angakatan pertama di Darul Ulum yang kemudian menjadi pengurus Darul Ulum.

Kepindahan beliau ke Darul Ulum tidak lepas dari sebuah peristiwa menarik, yaitu ketika salah seorang guru di Madarsah Shaulatiyah merobek surat kabar Melayu yang dianggap melecehkan martabat Melayu, sehingga memicu semangat beliau dan beberapa anak-anak jawy (sebutan untuk pelajar Nusantara) untuk bangkit memberikan perlawanan dengan cara pindah dan memajukan Madrasah Darul Ulum. Sekitar 120 santri yang berasal dari Nusantara di Madrasah Shaulatiyah pindah ke Madrasah Darul Ulum. Situasi seperti ini hampir tidak pernah terjadi di madrasah-madrasah yang baru dibuka sebelumnya sehingga Darul-‘Ulum mendapat murid yang begitu ramai. Akhirnya gelombang siswa yang masuk ke Darul Ulum meningkat pada tahun berikutnya.

Sejak awal masa belajarnya, beliau telah dikenal sebagai seorang pelajar yang memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga mampu mengungguli teman-temannya. Tidak mengherankan jika kemudian banyak teman-teman beliau yang akhirnya malah belajar kepada beliau. Kecerdasan dan juga akhlak beliau yang luhur membuat gurunya kagum terhadap beliau.


Perhatian Beliau terhadap ilmu Hadis dan gelar Musnid Ad-Dunya.

Sejak muda beliau sangat gemar kepada ilmu hadis. Ia selalu mengikuti Syeikh Umar Hamdan Al-Mahrasi dan membaca kitab kepadanya. Selain itu juga kepada Syeikh Muhammad bin Ali bin Husain Al-Maliky. Beliau mempelajari fiqh Syafii kepada Syeikh Umar Bajunaid, mufti Mazhab Syafii ketika itu, Syeikh Said bin Muhammad Al Yamany, serta kepada Hasan Al Yamany. Ilmu ushul beliau pelajari kepada Sayyid Muhsin bin Ali Al-Musawa. Ilmu sejarah beliau pelajari dari seorang ahli sejarah Syeikh Abdullah Muhammad Ghazi Al- Makky. Beliau juga berguru kepada ahli bahasa Syeikh Ibrahim bin Daud Al-Fathany Al Makky, serta kepada Sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliky, ayahanda Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad Al Maliky untuk ilmu lainnya. Beliau juga menghadiri majlis ulama terkemuka lain seperti Sayyid Muhammad Amin Al Kutby al-Hasani, Al Allamah Khalifah bin Hamd An Nabhany Al Makky, Syeikh Hasan al-Masysyat, Syeikh Ahmad al-Mukhallalati, Syeikh Muhammad al-‘Arabi al-Tabbani, Syeikh Muhammad Nur Sayf, dan ulama-ulama berpengaruh yang lain.

Diantara guru-guru beliau dari luar Makkah antara lain Syeikh Ahmad bin Rafi‘ al-Tahtawi, Syeikh Muhammad Ibrahim al-Samaluti, Syeikh Muhammad Bakhit al-Muti‘i, Syeikh Muhammad Hasanayn Makhluf, Syeikh Muhammad al-Hafiz al-Tijani, Syeikh Muhammad al-Khidr Husayn, Syeikh Mahmud bin Muhammad al-Dumi, Syeikh Muhammad Anwar Shah al-Kasymiri, Syeikh Asyraf ‘Ali al-Tahanawi, Syeikh Mufti Syafi‘ al-Dibandi, Syeikh Ahmad al-Siddiq al-Ghumari, Syeikh ‘Abdullah al-Siddiq al-Ghumari, Syeikh ‘Abd al-Hayy al-Kattani, dan lainnya.

Disamping banyak menghadiri majelis para tokoh besar, Syeikh Yasin pun dikenal sebagai ulama yang sangat sering meminta ijazah kepada para tokoh ulama yang sangat banyak jumlahnya. Itulah yang membuat beliau memiliki sanad yang sangat luar biasa banyaknya dalam berbagai disiplin ilmu.

Beliau berguru lebih dari 700 orang guru yang beliau catat dalam berbagai karya literaturnya yang berkaitan dengan ilmu sanad.

Setelah tiga tahun belajar di Darul Ulum, pada permulaan tahun 1356 H/1938 m beliau mulai mengajar di almamaternya itu. Pertengahan tahun 1359 H/1941 M karir beliau menanjak sebagai direktur madarasah tersebut. Selain di Madrasah Darul Ulum, beliau juga mengajar di Masjidil haram tepatnya di antara Bab Ibrahim dan Bab Al-Wada`, begitu pula di rumahnya dan dikantor sekolahnya.

Rekomendasi untuk mengajar di Masjidil Haram beliau peroleh secara resmi tanggal 10 Jumadil Akhir 1369 H/29 Maret 1950 M dari Dewan Ulama Masjidil Haram. Halaqah beliau mendapat sambuan hangat terutama dari kalangan masyarakat Asia Tenggara dan Indonesia. Disamping itu setiap bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan dan mengijazahakan salah satu kitab dari kutubus sittah. Hal ini berlangsung selama 15 tahun.

Setiap ada kesempatan beliau juga mengadakan perjalanan ilmiyah bersama para santri dan para Syeikh untuk mempraktekkan ilmu yang telah beliau ajarkan seperti ilmu falak. Perjalanan beliau juga beliau pergunakan untuk memburu sanad, silsilah periwayatan hadis dan ijazah ilmu atau kitab. Sehingga beliau di gelari Musnid Ad Dunya (pemilik sanad terbanyak di Dunia). Gelar itu diberikan kepada beliau karena beliau dipandang sebagai orang yang paling banyak memiliki sanad bukan hanya di Makkah dan Timur Tengah tapi juga di dunia.

Gelar Musnid Ad-Dunya juga tak didapat Syeikh Yasin Al-Fadany lantaran hanya karena banyak guru yang mencapai 700 orang tapi juga bahkan lebih pada kepakaran beliau dalam bidang yang beliau geluti. Merujuk pada Syeikh Mahmud Sa`id Mamduh, salah seorang murud beliau, Al-Fadany kerap kali menerima permintaan fatwa. Maksudnya, beliau bukan hanya pakar dalam ilmu sanad tapi juga ahli ilmu syariat lainnya. Bahkan permintaan fatwa bukan hanya datang dari sekitar Makkah, tetapi juga dari luar Arab seperti Indonesia. Menurut kisah yang diceritakan oleh Abu Mudi ( Syeikh Hasanoel Basry HG, seorang ulama Aceh, pimpinan LPI Ma`hadal `Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya, Samalanga, Aceh yang lebih dikenal dengan nama MUDI Mesra) pada saat terjadi perdebatan antara Syeikh Abdul Aziz Samalanga dengan Syeikh Jalal bin Syeikh Hanafiah, Abu Mudi kecil pada waktu itu sering kali diminta oleh Syeikh Jalal bin Hanafiah untuk membawa surat beliau kepada Syeikh Yasin ke kantor pos. 

Baca Juga: Kronologi Sejarah Peradaban Islam

Memperkenalkan nama-nama ulama Nusantara ke dunia.

Salah satu jasa besar Syeikh Yasin al-Fadani adalah memperkenalkan tokoh-tokoh ulama Nusantara ke dunia luar. Tanpa usaha beliau barangkali masyarakat luar Melayu tidak mengenali sama sekali peranan dan sumbangsih tokoh-tokoh Ulama dari Nusantara. Melaluinya, perawi-perawi Arab dan bukan Melayu mengenal istilah ‘kiyahi’ dalam bahasa Jawa yang bermakna syeikh, ustaz, atau orang alim, nama-nama tempat dan nama-nama tokohnya.

Tawadhu dan Bersahaja.

Meski dikenal sebagai seorang maha guru, Syeikh Yasin berkepribadian tawadhu` kepada siapa saja. Ia tak segan untuk meminta ijazah dan pengetahuan dari murid-muridnya. Syeikh Yasin juga sering berkunjung ke Indonesia, negeri asal nenek moyangnya. Dalam kunjungan beliau ke Indonesia beliau mengunjungi beberapa pondok Pesantren antara lain di Jakarta, Padang, Palembang, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, NTB, Kalimantan, Ambon dan Manado. Setiap kota yang pesantren yang beliau kunjungi selalu dipenuhi oleh para umat Islam dari berbagai kalangan, ulama, santri maupun masyarakat awam. Dalam setiap kesempatan beliau selalu menyampaikan hadis musalsal dan memberikan ijazahnya. Oleh karena itu tak sedikit ulama yang ingin bertemu Syeikh Yasin dan dianggap sebagai murid olehnya dan meminta ijazah hadis.

Dalam kehidupan sehari-hari beliau sangat bersahaja dan sederhana. Walaupun dikenal sebagai seorang ulama besar, beliau tak segan untuk keluar masuk pasar untuk membeli lauk-pauk untuk kebutuhan keluarga beliau. Sering juga beliau pergi dengan memakai kaus oblong dan sarung, beliau juga sering terlihat santai sambil nongkrong di ghahwaji (warung kopi) sambil mengisap syisah (rokok ala arab). Tidak ada seorang pun yang berani mencelanya, karena ketinggian ilmu yang beliau miliki.

Beliau adalah seorang Ulama yang memiliki wawasan luas, beliau berpendapat jika belajar dan mengajar bagi kaum wanita juga wajib sebagaimana sabda Nabi saw. Setelah sekian lama bercita-cita untuk membangun madrasah putri, pada tahun 1362 H/1943 M beliau mendirikan lembaga pendidikan untuk kaum wanita, Madrasah Ibtidaiyyah lil Banat. lembaga pendidikan ini merupakan yang pertama di Arab Saudi yang didirikan khusus untuk kaum hawa. Setelah sekolah ibtidaiyah telah banyak dan membutuhkan tenaga pengajar, Syeikh Yasin memandang perlu mendirikan lembaga pencetak guru wanita. Maka pada bulan Raiul Akhir 1377 H beliau mendirikan Ma`had lil Mu`allimat (lembaga tingkat diploma untuk calon guru wanita)

Dalam surat kabar Al bilad edisi jumat 24 Dzul qa`dah 1379 H/1960 M, Syeikh Umar Abdul Jabbar, seorang ulama dan kolumnis menulis esai sebagai berikut “....bahkan yang terbesar dari amal bakti Syeikh Yasin adalah membuka Madrasah Putri pada tahun 1362 H/1943 M. Inilah sekolah pertama perempuan yang didirikan di negeri Kerajaan Arab Saudi. Dalam perjalananya selalu ada rintanagn, namun beliau dapat mengatasinya dengan penuh kesabaran dan ketabahan..”

Ketawadhuan beliau juga terlihat sebagaiman diceritakan oleh murid beliau, syeikh Mahmud bin Said Mamduh bahwa karya Syeikh Yasin mengenai Ushul Fiqh, Syarah Al-Luma` sebanyak dua jilid tebal terpaksa tidak jadi di cetak karena guru beliau, Syeikh Yahya Aman sudah terlebih dahulu mengirimkan naskah karyanya di bidang yang sama ke percetakan. Beliau berpedoman pada kejadian sebelumnya, saat beliau mencetak kitab Hasyiah At Taisir karya beliau, yang ternyata membuat karya serupa milik guru beliau syeikh Yahya Aman kurang dikenal.


Murid-murid beliau.

Murid-murid Syeikh Yasin sangat banyak sekali. Merekalah yang menjadi penyambung silsilah keilmuan yang beliau miliki dari para guru untuk para murid.

Diantara murid-murid beliau anatar lain:

1. Syeikh Muhammad Ismail Zain Al Makky Al-Yamany

2. Abuya Prof.DR. Muhammad bin Alwy Al Maliky.

3. Syeikh Muhammad Mukhtaruddin Al falimbany.

4. KH. Abdul Hamid Ad Dary

5. Syeikh Ahmad Muhajirin Ad Dari Bekasi

6. T.G.H.Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Ijai) Martapura.

7. Syeikh Abdul Fattah Rawah

8. Syeikh DR. Ali Jum`ah (Mufti Mesir)

9. Syeikh Muhammad Ali As-Shabuny (Damaskus)

10. DR. Muhammad Hasan Ad Dimyahty

11. Syeikh Hasan Al Qathirji

12. Tuan Guru Haji Abdullah bin Abdul Rahman (Pondok Lubuk Tapah, Kelantan)

13. Tuan Guru Haji Hashim bin Haji Abu Bakar (Pondok Pasir Tumboh, Kelantan)

14. dll



Di Indonesia, boleh dikatakan hampir semua ulama di Jakarta dan beberapa daerah lainnya yang seangkatan dengan beliau atau di bawah beliau merupakan murid atau setidaknya mengaku sebagai murid beliau.

Lupa Menikah

Karena sangat bersemangat dan giat dalam menuntut ilmu agama, Syeikh Yasin hampir saja lupa terhadap sunnah Rasul dalam kehidupan, yaitu menikah. Beliau termasuk terlambat dalam membina rumah tangga. Tepat pada usia empat puluh tahun beliau belum juga menikah. Hal ini membuat orang tua beliau merasa prihatin dan khawatir, juga para guru dan rekan-rekan beliau. Mereka mengingatkan beliau bahkan ada yang ingin menjadikan beliau sebagai menantu. Karena orang tua beliau mengancam akan membakar kitab-kitab beliau dan beliau pun merasa takut durhaka kepada mereka, akhirnya beliaupun menikah. 

 
Karamah Syeikh Yasin

Allah swt memang sangat mengasihi hamba-Nya yang shalih dengan bentuk yang beragam. Ada yang diangkat derajatnya dengan diberikan ilmu agama yang mendalam dan ada pula yang diberikan kejadian yang luar biasa yang disebut dengan karamah. Syeikh Yasin Allah muliakan dengan kedua-duanya. Ini merupakan hasil istiqamah beliau dalam ilmu dan beramal.

Ada beberapa kisah yang masyhur dikalangan pecinta beliau antara lain:

Alkisah, ada seseorang bernama Zakariyyah Thalib dari Syiria berkunjung ke rumah Syeikh Yasin pada hari jum`at. Ketika azan berkumandang Syeikh Yasin masih saja di rumah. Lantaran waktu semakin dekat, Zakariyyah segera beranjak shalat jumat di masjid terdekat. Seusai shalat, ia menemui seorang teman dan bercerita tentang syeikh Yasin sebagaimana yang ia lihat. Namun ceritanya justru dibantah oleh temannya. Sang teman berkata dengan sungguh-sungguh bahwa dirinya sendiri beserta sejumlah orang yang kenal baik Syeikh Yasin telah shalat bersama-sama di Nuzlah, yaitu Mesjid Syeikh Hassan Massyat yang jaraknya agak jauh dari rumah Syeikh Yasin.

Kisah lain sebagaimana disaksikan oleh salah satu murid beliau, H.M. Abrar Dahlan. Suatu hari Syeikh Yasin menyuruhnya untuk membuat minuman teh dan menyiapkan syisyah. Setelah disiapkan dan Syekh Yasin mulai meneguk tehnya, ia pamit dan keluar untuk menuju Masjidil Haram. Ketika pulang dari Masjidil Haram, ia melihat Syeikh Yasin pulang mengajar dari Masjidil Haram dengan membawa kitab bersamanya. Ia terheran, ia tinggalkan gurunya yang tengah asyik menikmati teh dan syisyah dirumahnya namun saat itu ia melihat sang guru baru pulang mengajar dari Masjid.

Kisah lain yaitu ketika syeikh K.H. Abdul Hamid Prapanca Jakarta sedang mengajar dalam ilmu ushul fiqh bab Diyat. Ia menemukan kesulitan dalam suatu hal bahasa sehingga pengajian dicukupkan terlebih dahulu. Malam hari ia juga ia menerima sepucuk surat dari gurunya Syeikh Yasin yang ternyata berisi jawaban atas kesulitan yang ia hadapi. K.H. Abdul Hamid merasa heran dari mana sang guru tahu, sedangkan ia sendiri tidak pernah menanyakan kepada siapapun ihwal kesulitan tersebut.

Karya Syeikh Yasin.

Syeikh Yasin dikenal sebagai ulama yang produktif dalam menulis, karya beliau mencapai ratusan, sehingga Al-`Allamah Sayyid Saqqaf bin Muhammad As-Saqqaf seorang ulama Hadhramaut memuji syeikh Yasin dengan sebutan ‘’Suyuthy Zamanih” (Imam Suyuthy pada zamannya) karena karyanya yang demikian banyak seperti halnya Imam Suyuthy.

Sejumlah murid dan peneliti berusaha menginventarisir, mengkodifikasi, dan menerbitkan karya-karya tersebut. Kabarnya hingga saat ini baru sebanyak 97 kitab beliau yang telah terbit, diantaranya 9 tentang ilmu hadis, 25 kitab tentang ilmu fiqh dan ushul fiqh, 36 kitab tentang ilmu falak, dan sisanya cabang ilmu-ilmu yang lain

Sebagian kitab syeikh Yasin tersebut dijadikan rujukan dan pelajaran di beberapa tempat lembaga pendidikan islam seperti pesantren, madrasah, majlis ilmu dan perguruan tinggi baik di Asia tenggara maupun di timur tengah. Bahkan kitab beliau Fawaid Al Janiyah dijadikan materi silabus mata kuliah Ushul Fiqh di Fakultas Syari`ah Al Azhar.

Karya beliau yang terdiri dari kitab fiqh, hadis, balaghah, tarekh, falak, sanad serta dalam cabang ilmu yang lain antara lain:

1. Ad Durr al-Mandhud fi syarh Sunan Abi Daud

2. Fath al-`Allam Syarh Bulughul Maram

3. Syarh Jauhar Tsamin fi arba`in Haditsan min Ahadits Sayyidil Mursalin lil `Ajluny

4. Syarh al-Musalsal bil `iratith Thahirah

5. Bulghah Al Mustaq fi ilm Isytiqaq

6. Tasnif as-Sama`i fi Mukhtashar ilm al-Wadha`

7. Hasyiah `ala Risalah Hajar Zadah fi Ilmi Wadha`

8. Idhah an-Nur al-Lami` syarh al-Kawkab as-Sathi`

9. Hasyiah `ala al-Asybah wan Nadha-ir fi Furu` Fiqh asy-Syafii lis Suyuthy

10. Bughyah Musytaq Syarah al-Luma` Abi Ishaq

11. Sayyid Muhammad al-Hasyimy.


12. Dll

Wafatnya Syeikh Al Fadany

Setelah sekian lama membaktikan dirinya dalam pengembangan ilmu agama, Hadhratus Syeikh Al `Allamah Abu Al-Fayd Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-fadany Al-Makky berpulang ke hadhirat-Nya pada hari jumat shubuh 27 Dzulhijjah 1410 H/20 Juli 1990 M dalam usia 75 tahun. Dalam waktu singkat berita wafatnya beliau segera menyebar luas. Roman wajah beliau ketika wafat tampak berseri-seri dan tersenyum. Setelah dishalati usai shalat jumat jasad beliau dimakamkan di pemakaman Ma`la. Beliau meninggalkan empat orang putra; Arafat, Fadh, Ridha dan Nizar.

Pujian Para Ulama

Kealiman dan kepakaran Syeikh Yasin diakui oleh banyak para ulama dari seluruh penjuru dunia. Baik oleh para ulama semasa beliau maupun pada masa sesudahnya. Sayyid Abdul Aziz Al-Ghumary yang merupakan salah satu guru beliau memuji dan menjuluki Syeikh Yasin sebagai kebanggan ulama Haramain dan sebagai Muhaddis terkemuka.

Dalam muqaddimah Kitab Fawaid Janiyyah kita akan temukan beberapa pujian ulama besar antara lain Syeikh Ismail Usman Zain al-Makky, Syeikh Abdullah bin Zaid al-Maghriby az-Zabidy (ulama Zabid, Yaman, tahun 1315 H – 1389 H), beliau merasa ta`jub dan kagum dengan kitab Fawaid Janiyyah. Sayyid Abdur Rahman bin Muhammad bin Abdur Rahman al-Ahdal (Mufti Murawa`ah-Yaman, 1307 H-1372 H) secara khusus beliau menyusun sebuah syair panjang yang memuji SyeikhYasin diantara bait syair itu berbunyi:

انـت فــى عـلم والمعــانى فريـد وبـعــقد الفـخار انـت الــوحيد

لــك عـز قــد اشـرقت بعـــــــلاه شمس فضل لها الضياء يـريد

عــــــــــلوم ابـدعـتـها بـمــفـهـوم بحـــلاهـا تـــتوج المســــتـفـيد

عصـــت فيــها عــلى فــرائد در فـى نــحو الـحسـان هم العقود

سـائرات كالشمس فى كــل قـطر مشرقات والـجهل منـها يـبـيـد

من يضـاهى هـذا المـقام المــعلى ان هــذا عـــن غــيـره لــعــيـد

واذا انــتـمــى انـــاس لأصــــــل انـت لـلســعـد اذ نسـبـت حفيد

Engkau tak ada taranya dalam ilmu dan hakikat

Dengan membangun keyajaan

Engkaulah satu-satunya yang jaya……

Begitu pula DR. Syeikh Yusuf Abdur Razaq dosen Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo memuji Syeikh Yasin dengan salah satu syair beliau yang panjang.

Syeikh Fadhl bin Muhammad `Audh Bafadhal at-Tarimy (ulama Tarim-Yaman) juga memuji beliau dan kitab karangan beliau Fawaid al-Janniyyah dalam syairnya sebagai sebuah kitab yang dipenuhi permata.

Syeikh Sayyid Saqaf bin Muhammad as-Saqqaf (ulama Yaman, 1373H) juga memuji Fawaid al-Janiyyah dalam sebuah syair beliau. Bahkan beliau menjuluki Syeikh Yasin sebagai, Suyuthi Zamanihi (Imam Suyuthi pada zamannya)

Selain itu, pujian kepada beliau juga datang dari ulama Negeri India Syeikh Muhammad Abdul Hadi, serta ulama Seuwun, Yaman, Sayyid Ali bin Syeikh Balfaqih `Alawy dan juga dari ulama besar Negeri Makkah Sayyid Alawy bin Abbas al-Maliky, ayahanda Abuya Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad bin Alawy bin Abbas al-Maliky al-Hasany.

Pujian tersebut bukan hanya datang dari ulama Ahlus sunnah, DR. Abdul Wahab bin Sulaiman, seorang dosen Dirasah `Ulya Universitas Ummul Qura Madinah yang merupakan tokoh wahaby dalam kitabnya yang berjudul Madinah al-Jawahir ats-Tsaminah menyebutkan Syeikh Yasin, Mudir Madratsah `Ulum Diniyah sebagai seorang muhaddis, faqih, dan salah satu ulama besar yang patut diperhitungkan.

Semoga Allah melimpahkan manfaat dan barakah ilmu beliau kepada kita semua, dan semoga Allah melahirkan kembali Syeikh Yasin al-Fadni yang lain untuk umat muslim saat ini.