MEMBACA BISA BUAT KAYA?




Ada pepatah arab yang berbunyi:
"شراء الكتاب يورث الغنى"
(membeli kitab/buku bisa membuat kaya)

Kalo dipikir-pikir bagaimana beli kitab atau buku bisa buat kaya? Yang ada malah habisin banyak duit untuk penuhin rak. Tetapi faktanya memang demikian. Kita jangan langsung memahaminya secara eksplisit atau tersurat, malah gak masuk akal.

Sebenarnya pepatah arab tersebut mempunyai makna tersirat yang sangat luas yang kalau dijabarkan tidak akan muat mading ini (kalau penasaran bisa langsung jumpa penulis ini, di samping itu penulis juga sedang bad mood menulis panjang-panjang. hehehe). Dalam ilmu sastra arab (Balaghah) ada istilah yang namanya "Ijaz". Definisinya adalah mengumpulkan makna yang banyak melalui lafal yang sedikit. Di dalam Al-Quran dan hadis sangat banyak "ijaz" di dalamnya yang contohnya tidak mungkin disebutkan satu persatu.

Nah, pepatah di atas hanya ringkas tapi maknanya luas. Kaya disini bukan seharfiah yang kita pahami dari materi, tetapi ada "kaya yang lain". Kaya ilmu misalnya. Kalau mau kaya materi bisa juga -walaupun bukan itu tujuan utama kita.

Therefore (oleh karena itu), jangan takut beli banyak kitab atau buku. Kita bangkitkan dunia literasi! Sambil meminjam istilah Najwa Shihab "cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta"

Sebagai penutup, Jangan membaca kitab atau buku bajakan!!! Ini merupakan penjahat bagi dunia literasi! Terutama kitab bajakan yang bisa menghilangkan barokah karena tiada ridha pengarang!!! Oknum-oknum pembuat buku bajakan tertawa di balik layar karena memperoleh hasil penjualan dari penjualan keji mereka. Maka belilah kitab atau buku yang original.

Tarian pena : Syababulyum (5 A)

0 Komentar