Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulama Kharismatik Aceh, Abu Tu Min Wafat



majalahumdah.com Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang kerahmatullah seorang ulama kharismatik Aceh, Tgk H. Muhammad Amin Mahmudsyah atau akrab disapa Abu Tu Min di Blang Blang Blahdeh pada Selasa 27/09/2022 atau 1 Rabiul Awwal 1444 H pukul 15.45 Wib. Beliau wafat di RSUD Dr Fauziah Bireuen pada usia 92 tahun. 


Abu Tu Min lahir pada 17 Agustus tahun 1932 di gampong Kuala Jeumpa Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireun. Beliau adalah murid langsung Abuya Muda Wali Al-Khalidy dan merupakan Pimpinan Dayah Al Madinatuddiniyah Bireuen.


Meninggal ulama adalah kegelapan bagi alam. Seketika ulama wafat seketika itu pula ilmu mereka yang belum kita ambil pergi. Lambat laun ilmu semakin hilang. Nabi bersabda 


إِنَّ اللهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ النَّاسِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ، حَتَّى إِذَا لَمْ يَتْرُكْ عَالِمًا، اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا، فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ، فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا.  


Sungguh Allah Swt tidak mencabut ilmu yang ada pada manusia secara sekaligus. Tetapi Dia mencabut ilmu dengan mewafatkan ulama. Sehingga Allah tidak menyisakan satupun dari ulama. Maka manusia mengangkat pemimpin pemimpin yang jahil, mereka (manusia) bertanya dan mereka (pemimpin) menjawab tidak berdasarkan pengetahuan. Mereka sesat dan menyesatkan (Syarah Nawawi Ala Muslim)


Redaksi.