Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Turkiye Mengajak Umat Islam Kembali Merenungi Surah Al-Zalzalah

Pray For Turkiye

Turkiye (atau Türkiye), secara resmi disebut sebagai Republik Turkiye (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) merupakan sebuah negara kesatuan dengan sistem pemerintahannya presidensial yang berada di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang mulai dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Laut hingga daerah Balkan yang berada di Eropa Tenggara. Turkiye Dikenal sebagai negara maju yang kental dengan sejarah Islamnya membuat hati seluruh umat Islam ingin mengunjunginya.

Konstantinopel atau Istanbul, pasti nama kota ini yang selalu diingat oleh pemuda-pemuda Islam di belahan dunia. Wajar saja karena mereka sangat terinspirasi dengan kisah kecerdasan dan perjuangan seorang pahlawan muslim yang berhasil menaklukkannya yaitu Muhammad Al-Fatih.

Duka pada 6 februari 2023, dunia digemparkan dengan musibah gempa bumi yang menimpa saudara-saudara kita yang ada di Turki dan Suriah. Benar saja tangisan di sana juga kesedihan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Gemuruh suara runtuhan gedung, asap-asap tebal yang mengepul, saya yakin “ini kiamat” yang terbesit di benak mereka semua. Mudah bagi kita membayangkannya karena Indonesia adalah negara yang sering merasakan bencana alam besar tersebut.

Hingga hari ini, jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah terus bertambah. Gempa yang terjadi pada Senin yang lalu itu, tercatat telah menewaskan 22.000 orang dan ribuan orang harus menjalani perawatan karena terluka. Jumlah korban meninggal dunia yang terhitung sampai pada Sabtu ini melebihi jumlah korban gempa dahsyat tahun 1999 di Turki. Bahkan para petugas penyelamat memperkirakan bahwa jumlah korban jiwa berpotensi meningkat.

Peristiwa mengerikan ini benar-benar membuat semua mata tertuju ke sana. Setiap ikatan batin manusia tentu saja tersentuh dan ikut merasakan kesedihan ketika melihat saudara-saudaranya terkena musibah. Gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan masih banyak lainnya adalah peristiwa kiamat sugra yang diyakini oleh setiap orang. Kiamat kecil, tentu saja ini semua tidak sebanding sama sekali dengan perisiwa yaumul qiyamah. Gambaran mengenai dahsyatnya hari kiamat telah diterangkan dalam Al-Qur’an.

Di antaranya dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Qariah ayat 1-5. Yang artinya: "Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan."

Begitu juga dalam surah al-Zalzalah, Allah SWT begitu jelas menggambarkan kengerian hari kiamat tersebut. “Apabila bumi diguncang dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang ditanggungnya), dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”
Bumi pun menyampaikan beritanya, karena sesungguhnya Allah telah memerintahkan itu padanya. Hari itu pula seluruh manusia keluar dari kuburnya berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

Mengerikan bukan? Gempa bumi memang bukanlah kiamat yang dimaksudkan dalam ayat tersebut. Tapi marilah kita mengambil iktibar dari semua musibah yang Allah berikan tersebut agar kita merasa takut akan kematian dan kiamat, tentunya agar mendorong kita semakin ta`at beribadah kepada-Nya.

Tgk. Zawil Kiram