Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memberi Salam









Assalamua’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.

Memberi salam merupakan adat di bumi Aceh yang kerap dilakukan oleh seluruh masyarakat apalagi kaum pria.. Anak muda di aceh terbiasa menyapa teman – teman dengan mengucap Assalamua’laikum bahkan sering kali mengucap salam sambil mengangkat tangan kanan untuk menghormati teman. Piasan tersebut bukan dilakukan karena adat semata melainkan ulama terdahulu mengamalkan berdasarkan Al qur’an dan hadis. Memberi salam hukumnya sunnah dan menjawab hukumnya wajib.

Surat Az – Zariyat Ayat 25 :

اِذْ دَخَلُوْا عَلَيْهِ فَقَالُوْا سَلٰمًا ۗقَالَ سَلٰمٌۚ قَوْمٌ مُّنْكَرُوْنَ

(Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan, “Salaman” (salam), Ibrahim menjawab, “Salamun” (salam). (Mereka itu) orang-orang yang belum dikenalnya.

Surat An-Nisa’ Ayat 86

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.

            Namun seiring berjalannya waktu adat tersebut mulai pudar entah kemana. Anak – anak muda mulai melupakan adat tersebut. Piasan salam sudah jarang ditemukan. Hanya di beberapa tempat saja dan pelakunya pun orang tua. Seakan adat memberi salam di aceh mulai kalah oleh pengaruh teknologi. Matee aneuk meupat jeurat, gadoeh adat pat tamita?