Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Biografi Singkat Ilmuan Muslim Terkenal Dunia

 




Jabir bin Hayyan

Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Jabir ibn Hayyan Al-Kufi As-Sufi. Ia lahir pada tahun 721-815 M/ 103-200 H. beliau terkenal sebagai seorang ahli kimia dari kalangan kaum muslimin. Di antara karyanya yang telah diterjemahkan ke bahasa latin adalah “Book of Composition of Alchemy.”

Al-Khawarizami

Nama lengkapnya adalah Muhammad ibn Musa Al-Khawarizmi. Ia wafat pada tahun 865 M/249 H. beliau sangat terkenal dengan penemuannya di bidang Matematika. Di antara karyanya yang telah ditulisna adalah, “Al-Mukhtasar fil Hisab Al-Jabr wal Muqabalah.”

Al-Farabi

Nama lengkapnya adalah Abu Nasr ibn Muhammad ibn Turchan Uslaq Al-Farabi. Ia lahir di Wasij, sebuah desa di Farab, wilayah Transoxania. Lahir pada tahun 870-950/ 258-339 H. al-farabi merupakan seorang filsuf yang memiliki wawasan yang luas. Hal ini dapat dilihat dari karya dan pemikirannya dalam,”Fushus Al-Hikam, Al-Mufariqah, Al-Madinah, dan Al-Fadilah.”

Al-Biruni

Nama lengkapnya adalah Abu Raihan Muhammad ibn Ahmad Al-Biruni. Selain dalam ilmu Fisika, beliau juga menguasai ilmu Astronomi. Di antara karyanya yang terkenal adala,”Al-Atsr Al-Baqiyya’an Al-Qanun Al-Khaliyah, Tafkim Li Awalis Sina’a At-Tanzun, Qanun Al-Mas’udi fil Hayah wan Nuzum. Baca Juga : Jalani saja


Al-Mas’udi

Nama lengkapny adalah Ali bin Husain bin Ali Al-Mas’udi. Beliau terkenal sebagai ahli geografi dan sejarah. Di antara karyanya yang terkenal adalah,”Zahir Al-Ulum wa Ma Kana fi Sa’irid Duhur, Al-Istidzkar Lima Marra fis Salifil Amar, dan Tarikh fi Akhbar Al-Ulum Al-Arab wa Al-Azam.

Ibnu Sina

Nama lengkapnya adalah Abu Ali Al-Huzaini bin Abdullah ibn Sina. Ia adalah tokoh dalam bisang kedokteran dan filsafat. Beliau lahir di Bukhara, negara bagian Uni Soviet tahun 980 M. karyanya di antaranya adalah,”Al-Qanun fit Tib,” yang dalam bahasa Inggris disebut,” The Canon of Medicine, An-Najad, dan Asy-Syifa.”


Oleh Muhammad Fajar Idris(2F)



Posting Komentar

0 Komentar